Stabilitas Kapal

Stabilitas adalah kemampuan suatu benda untuk kembali ke keadaan / posisinya semula. Jadi stabilitas kapal adalah kemampuan kapal untuk bisa tegak kembali ketika mengalami kemiringan ke kanan / kekiri karena ombak maupun beban lainnya. Pada suatu proses desain kapal, stabilitas kapal adalah perhitungan yang mutlak dilakukan untuk mengetahui apakah desain kapal yang dibuat cukup stabil dan aman ketika beroperasi nantinya.

Ada 2 perhitungan stabilitas untuk kapal, yaitu intact stability dan damage stability. Intact stability adalah perhitungan stabilitas kapal utuh (tidak bocor) yang dihitung pada beberapa kondisi tangki untuk tiap-tiap derajat kemiringan kapal. Perhitungan intact stability dilakukan untuk mengetahui kemampuan kapal kembali pada posisi kesetimbangannya setelah mengalami kemiringan. Sedangkan damage stability adalah perhitungan kapal bocor (damage) yang dihitung pada beberapa kondisi untuk tiap-tiap derajat kemiringan. Perhitungan damage stability ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan kapal untuk menahan kebocoran agar tetap stabil ketika lambung kapal rusak / bocor.

Dalam proses perhitungan stabilitas kapal, ada beberapa kriteria yang menjadi persyaratan apakah stabilitas suatu kapal memenuhi atau tidak. Kriteria tersebut secara umum tercantum pada IMO regulation untuk stabilitas. Dan ada juga pada peraturan / rule yang diterbitkan oleh class seperti BKI, DNV, ABS, dll.

SHIP MODELINGTANK ARRANGEMENTRESULT TABLE

Sampai saat ini sudah banyak beredar software untuk menghitung stabilitas kapal. Misalnya Tribon, GHS, Free!Ship, Maxsurf dan lain-lain. Secara garis besar memiliki langkah-langkah yang sama, dimulai dari modeling kapal yang akan dianalisis, perhitungan berat, penerapan beberapa kondisi – kriteria dan selanjutnya melakukan analisis akhir.

Gambar diatas adalah modeling dan hasil analisis akhir perhitungan stabilitas dari Tim Desain Kapal. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Tim Desain Kapal. Please feel free to contact us.

email: desain_kapal@yahoo.com

About these ads
This entry was posted in product. Bookmark the permalink.

6 Responses to Stabilitas Kapal

  1. aan says:

    apa saja yang dibutukan untuk menghitung stabilitas kapal

    • Desain Kapal says:

      Dear Pak Aan,
      Yang dibutuhkan untuk perhitungan stabilitas antara lain : lines plan, tank capacity & arrangement, light weight & dead weight calculation. Semoga bisa membantu.
      Terimakasih.

  2. Imam says:

    Jika kita ingin mempelajari perhitungan stabilitas, dimana lokasi pelatihan software tersebut..
    thks,

    • Desain Kapal says:

      Dear Pak Imam,

      Untuk pelatihan stabilitas, biasanya ada di universitas / perguruan tinggi yangmemiliki jurusan Teknik Perkapalan, seperti ITS, UI, Unhas, Undip, dll. Beberapa consultant perkapalan mungkin juga menyediakan pelatihan ini.
      Untuk info lebih lanjut, silahkan via inbox, desain_kapal@yahoo.com

      Terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s