Ship Resistance

Ship Resistance (hambatan kapal) adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam proses mendesain suatu kapal. Karena aspek ini berujung pada biaya alias uang. Semakin besar hambatan kapal, maka akan semakin besar pula daya mesin induk (main engine) yang dibutuhkan untuk mendorong kapal. Semakin besar daya mesin induk yang dipakai, tentu saja harga mesin induk sangat mahal, selanjutnya biaya operasional kapal juga sangat mahal karena konsumsi bahan bakarnya juga sangat banyak.

Banyak faktor yang mempengaruhi besarnya hambatan kapal, faktor yang paling menetukan adalah bentuk lambung kapal. Faktor lainnya antara lain tonjolan-tonjolan pada lambung kapal (appendages), kekasaran permukaan lambung kapal dan faktor-faktor lainnya. Bentuk lambung kapal adalah faktor yang memiliki pengaruh terbesar pada hambatan kapal, oleh karena itu desain bentuk lambung harus didesain sebagus mungkin agar memiliki hambatan yang kecil.

Ada beberapa methode yang digunakan untuk menghitung hambatan kapal, diantaranya Holtrop, Savitsky, Latiharju, Planning dan beberapa metode lainnya. Tiap-tiap metode memiliki karakter yang berbeda-beda, biasanya tergantung pada jenis kapal dan lambungnya. Dari perhitungan hambatan ini akan didapatkan juga perkiraan kebutuhan mesin yang digunakan.

SHIP RESISTANCE 1 SHIP RESISTANCE 2 SHIP RESISTANCE 3SHIP RESISTANCE 4

Gambar diatas adalah salah satu hasil perhitungan Ship Resistance yang pernah dikerjakan oleh Tim Desain Kapal. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Tim Desain Kapal. Please feel free to contact us.

email: desain_kapal@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s