PPC (Production Planning and Control)

Dalam proses produksi pembangunan kapal, desain kapal adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi sebagai acuan seperti apa kapal yang akan dibangun. Tujuan utama dari desain adalah untuk meminimalkan kesalahan selama proses produksi dan meminimalkan kerugian akibat kesalahan-kesalahan tersebut. Terlepas dari sisi desain kapal, perencanaan strategi pembangunan kapal juga sangat penting, karena berpengaruh pada waktu yang dibutuhkan dalam proses produksi pembangunan kapal. Semakin cepat kapal dibangun maka akan sedikit biaya-biaya overhead yang timbul, dan sebaliknya semakin lama keterlambatan suatu kapal dibangun maka akan semakin besar pula biaya yang dibutuhkan.

PPC (Production Planning and Control) adalah perencanaan proses produksi berdasarkan jadwal (schedule) yang dibuat sebagai strategi pembangunan kapal dan diikuti pengawasan selama proses produksi. Dalam penyusunan strategi pembangunan kapal, perlu disusun suatu jadwal pekerjaan sesuai urut-urutan pekerjaan (sequence), dari pekerjaan yang harus didahulukan dan berpengaruh pada pekerjaan lain, sampai pada pekerjaan-pekerjaan yang memiliki ketergantungan pada pekerjaan lain yang telah didahulukan. Urutan pekerjaan (sequence) yang baik akan menghasilkan proses produksi yang baik dan membutuhkan waktu yang relatif lebih singkat.

Dalam penyusunan urutan pekerjaan (sequence) dikenal istilah WBS (Work Breakdown Structure), yaitu pendetailan suatu pekerjaan menjadi beberapa sub pekerjaan. Dengan melakukan pendetailan pekerjaan (WBS) maka akan semakin sedikit peluang keterlambatan suatu proyek, karena tiap-tiap pekerjaan yang didetailkan telah diidentifikasi dan dipersiapkan bila ada kemungkinan masalah didalamnya, baik masalah material, man power maupun masalah-masalah lainnya yang bisa menghambat jalannya proyek.

Karena sangat banyaknya pekerjaan yang harus kita susun menjadi sebuah schedule pembangunan kapal, maka kita membutuhkan bantuan dari suatu program yang khusus didesain untuk membuat schedule ini. Beberapa program tersebut antara lain Microsoft Project dan Primavera. Micrososft Project salah satu produk dari Micrososft akan lebih mudah didapatkan dipasaran, biasanya menjadi 1 paket dalam installer Microsoft Office.

PPC 2 PPC 1

Gambar diatas adalah salah satu contoh schedule pembangunan kapal yang pernah dibuat oleh Tim Desain Kapal dengan menggunakan Micrososft Project. Dengan schedule tersebut akan mempermudah kita untuk mengawasi dan mengontrol jalannya proyek. Keterlambatan pada satu poin pekerjaan akan mempengaruhi waktu Delivery yang menjadi Goal pada proyek kita. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Tim Desain Kapal. Please feel free to contact us.

email: desain_kapal@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s